Selasa, 31 Januari 2012


ULOS IN STYLIST



APA jadinya kalau tokoh film anak-anak Willy Wonka memakai busana dari bahan kain ulos batik? Bukan hal yang aneh, tetapi itulah fesyen yang perwujudan kreasinya tanpa batas.

Kreativitas itu pula yang ditunjukkan oleh para peserta babak penyisihan Indonesia Dream Festival (IDeFest) 2011 kategori Fashion Stylist. Tidak cuma Willy Wonka memakai celana pendek dan baju dari kain ulos, gladiator pun tak mau ketinggalan mengenakan jubah batik. Ada pula Cleopatra yang memakai gaun berbahan brokat.

Diikuti 18 tim peserta muda dari berbagai daerah di Indonesia, IDeFest kelima menggali inspirasi yang datang dari tokoh-tokoh film Hollywood dengan usungan tema “Narsis Nasionalis”. Para peserta ditantang untuk membuat produk fesyen yang terinspirasi dari tokoh Hollywood idola mereka, tapi dengan sentuhan bahan-bahan lokal.

"Kami ingin mereka berani menampilkan produk Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi, misalnya mereka membayangkan tokoh Hollywood idola pakai produk Indonesia," kata Wirya Kartasasmita selaku Ketua Bidang Acara IDEFest 2011 kepada okezone di Yayasan Pandita Sabha Buddha Dharma Indonesia (YPSBDI), Jakarta, Senin (26/12/2011).

Kompetisi akhirnya menyisakan enam tim, yang akan menjalani babak final di Megamendung, Bogor, 29 Desember 2011.

Secara keseluruhan, tim juri yang diwakili desainer Ichwan Thoha mengatakan, karya fesyen yang ditampilkan dalam IDeFest tahun ini jauh lebih ekspresif. Penilaian ekspresif tidak hanya dari segi desain, juga make up dan cara membawakan kreasi.

Beberapa catatan Ichwan, fesyen yang memadukan produk lokal Indonesia semacam ini sepatutnya digarap lebih serius. Kreatornya juga dituntut untuk memiliki imajinasi yang kuat alias tidak standar.

“Para perancang muda diharapkan lebih berani dalam membuat potongan pakaian dan mengeksplorasi warna kain khas Indonesia,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar